RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP Negeri…
Mata
pelajaran : Matematika
Kelas : IX
Semester : 1
Alokasiwaktu : 2 x 40 menit
A. StandarKompetensi
Memahami konsep segi empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya.
B. KompetensiDasar
Mengidentifikasi sifat-sifat persegi.
C.
Indikator
Menjelaskan
pengertian persegi.
Mengindentifikasikan ciri-ciri persegi.
Menghitung luas persegi.
Menghitung keliling persegi.
D. TujuanPembelajaran
Siswadapatmenjelaskan
pengertian persegi.
Siswa dapat mengindentifikasikan ciri-ciri persegi.
Siswa dapat menghitung luas persegi.
Siswa dapat menghitung keliling persegi.
E.
Alat&Bahan
LKS
LCD
F.
SumberBelajar
-
Bukusiswa
-
LembarKerjaSiswa
G. AktivitasBelajardanMengajar
I.
Model pembelajara :Coomperatiflearning
Metodepembelajaran : Ceramahdan Tanya jawab
H. LangkahPembelajaran
Fase
|
Langkahpembelajaran
|
waktu
|
|
Aktivitas guru
|
Aktivitassiswa
|
||
Pendahuluan
Fase 1
|
1.
Guru memberikanpertanyaantentangparsegipanjang, yang
merupakanmaterisebelumnya
2.
Guru memotivasisiswadenganmeunjukkangambar yang
berkaitandenganmateripersegi
3.
Guru menginformasikantujuanpembelajaran.
|
1. Siswamenjawabsoal yang
diberikangurumengenaipersegi.
2.
Siswamemperhatikanpenjelasan guru danbertanya.
3.
Siswamemperhatikanpenjelasan guru
|
5 menit
|
Fase
|
Langkahpembelajaran
|
waktu
|
|
Aktivitas guru
|
Aktivitassiswa
|
||
Kegiataninti
Fase 2
Fase 3
Fase 4
Fase 5
|
Guru
menjelaskantentangpengertianpengertian persegi,mengendenfikasi ciri-ciri persegi,menghitung luas dan
keliling persegi.
1.
Guru menyuruhsiswamengerjakanlembarkerjasiswa (LKS) dan guru
membimbingsiswa.
2.
Guru menyuruhbeberapasiswamajukedepan (mengerjakansoal di
papantulis).
3.
Guru memberikanpenghargaanpadasiswa yang mengerjakansoal di
papantulis.
|
1. Siswamendengarkan,
memperhatikanpenjelasan guru danmenjawabjikaadapertanyaan.
2.
Siswabertanyapada guru jikaadasoal yang belumdimengerti.
3.
Siswamengerjakansoal di papantulis.
4.
Siswamenerimapenghargaandari guru
|
60 menit
|
Fase6
Penutup
|
1.
Guru bertanyakepadasiswatentangmateri yang telahdiajarkan.
2.
Guru menyimpulkanmateri yang telah di ajarkan
3.
Guru memberikantugas di rumah/PR Teskompetensi 5.1 no 2 dan 6, bukusiswahalaman 1922
|
1.
Siswamenjawabpertanyaandari guru.
2.
Siswamendengarkandanmencatatapabilaadahal-hal yang
dianggappenting.
3.
Siswamenerimatugas/PR dari guru
|
15 menit
|
I.
Evaluasi
Tipepenilaian :Testertulis
Bentukpenilaian :Subjektif
J.
Referensi
Djumanta,
Wahyudin. 2008. Matenatikauntuk SMP kelas
IX. Jakarta :DepartemenPendidikan
Nasional.
LEMBAR KERJA SISWA(LKS)
|
TujuanPembelajaran:
Siswadapatmenjelaskan pengertian
persegi,ciri-ciri
persegi,keliling dan luas persegi.
|
DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI B
ANYAK
YANG BERUPA PERSEGI
|
1.
PERSEGI
1.
PengertianPersegi
Persegi adalah suatu jenis persegi panjang yang
khususdandapatmenempatibingkaiannya .
Sifat-Sifatpersegi
a)
Semuasisinyasama
b)
Diagonal-diagonalnyamembagiduasamabesarsudut-sudutnya
.
c)
Dan
salingmembagiduasamapanjangdenganmembentuksudutsiku-siku
2.
Luaspersegi
contoh:
1.
·
sisi 5 cm.
·
Sisi8 cm.
·
Sisi 9 cm.
|
3. Kelilingpersegi
ketika pagi
yongky jalan-jalan mengelili kebun
mangga untuk menghirup udara sejuk, yang berbentuk persegi .Ia mengelili dari
titik pertama sampek dia kembali ketitik pertama lagi .maka dalam kasus ini KelilingPersegibisa dicari dengan apa,
keliling
persegi adalah..................................................
contoh:
1. SISI 12 CM
2. SISI 10 CM.
3. tentukansisinyajikakeleiling
Persegi 28 cm
|
TES
1
Nama :
No apsen:
|
Siswadapatmenjelaskan
pengertianpersegi,
Siswa dapat mengindentifikasikan ciri-ciri persegi.
Siswa dapat menghitung luas persegi.
Siswa dapat menghitung keliling persegi :
kerjakam soal-soal dibawah ini no 1-5
dengan benar?
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
KUNCI JAWABAN TES &
PEDOMAN PENSEKORAN
No.
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
|
1.
|
10
|
|||
2.
|
10
|
|||
3.
|
8
|
10
|
||
4.
|
a)
Semuasisinyasama
b)
Diagonal-diagonalnyamembagiduasamabesarsudut-sudutnya
.
c)
Dan
salingmembagiduasamapanjangdenganmembentuksudutsiku-siku
|
10
|
||
5.
|
10
|
|||
6.
|
10
|
|||
7.
|
10
|
|||
8.
|
10
|
|||
9.
|
10
|
|||
10.
|
10
|
|||
JumlahSkor
|
100
|
|||
Best Live Streaming On-Demand TV | LaSports.com - LCBET 코인카지노 코인카지노 카지노 가입 쿠폰 카지노 가입 쿠폰 betway login betway login 896Buy "오광 먹튀" Salsa - AOGA-BET Official Site
BalasHapus