Sabtu, 05 Juli 2014

CONTOH RPP KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                     : SMP Negeri…
Mata pelajaran       : Matematika
Kelas                          : IX
Semester                   : 1
Alokasiwaktu          : 2 x 40 menit

A.       StandarKompetensi
Memahami konsep segi empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya.

B.       KompetensiDasar
Mengidentifikasi sifat-sifat persegi.

C.        Indikator
Menjelaskan pengertian persegi.
Mengindentifikasikan ciri-ciri persegi.
Menghitung luas persegi.
Menghitung keliling persegi.

D.       TujuanPembelajaran
Siswadapatmenjelaskan pengertian persegi.
Siswa dapat mengindentifikasikan ciri-ciri persegi.
Siswa dapat menghitung  luas persegi.
Siswa dapat menghitung keliling persegi.


E.        Alat&Bahan
LKS
LCD
F.        SumberBelajar
-          Bukusiswa
-          LembarKerjaSiswa

G.       AktivitasBelajardanMengajar
I.          Model pembelajara                    :Coomperatiflearning

Metodepembelajaran                : Ceramahdan Tanya jawab

H.      LangkahPembelajaran

Fase
Langkahpembelajaran
waktu
Aktivitas guru
Aktivitassiswa
Pendahuluan


Fase 1
1.    Guru memberikanpertanyaantentangparsegipanjang, yang merupakanmaterisebelumnya

2.     Guru memotivasisiswadenganmeunjukkangambar yang berkaitandenganmateripersegi



3.     Guru menginformasikantujuanpembelajaran.
1.    Siswamenjawabsoal yang diberikangurumengenaipersegi.


2.    Siswamemperhatikanpenjelasan guru danbertanya.




3.    Siswamemperhatikanpenjelasan guru
5 menit
Fase
Langkahpembelajaran
waktu
Aktivitas guru
Aktivitassiswa
Kegiataninti
Fase 2




Fase 3




Fase 4




Fase 5




Guru menjelaskantentangpengertianpengertian persegi,mengendenfikasi ciri-ciri persegi,menghitung luas dan keliling persegi.

1.   Guru menyuruhsiswamengerjakanlembarkerjasiswa (LKS) dan guru membimbingsiswa.

2.   Guru menyuruhbeberapasiswamajukedepan (mengerjakansoal di papantulis).

3.   Guru memberikanpenghargaanpadasiswa yang mengerjakansoal di papantulis.

1.    Siswamendengarkan, memperhatikanpenjelasan guru danmenjawabjikaadapertanyaan.


2.    Siswabertanyapada guru jikaadasoal yang belumdimengerti.


3.    Siswamengerjakansoal di papantulis.



4.    Siswamenerimapenghargaandari guru



60 menit


Fase6



Penutup


1.     Guru bertanyakepadasiswatentangmateri yang telahdiajarkan.

2.    Guru menyimpulkanmateri yang telah di ajarkan


3.    Guru memberikantugas di rumah/PR Teskompetensi 5.1 no 2 dan 6, bukusiswahalaman 1922



1.    Siswamenjawabpertanyaandari guru.


2.    Siswamendengarkandanmencatatapabilaadahal-hal yang dianggappenting.

3.    Siswamenerimatugas/PR dari guru

15 menit

I.         Evaluasi
Tipepenilaian                  :Testertulis
Bentukpenilaian :Subjektif

J.          Referensi
Djumanta, Wahyudin. 2008. Matenatikauntuk SMP kelas IX. Jakarta :DepartemenPendidikan
Nasional.











LEMBAR KERJA SISWA(LKS)
                                                                                                                                        

TujuanPembelajaran:
Siswadapatmenjelaskan pengertian
persegi,ciri-ciri persegi,keliling dan luas persegi.

DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI B
ANYAK YANG BERUPA PERSEGI
 










1.       PERSEGI
1.     PengertianPersegi
Persegi adalah suatu jenis persegi panjang yang khususdandapatmenempatibingkaiannya .

Sifat-Sifatpersegi

a)     Semuasisinyasama
b)     Diagonal-diagonalnyamembagiduasamabesarsudut-sudutnya .
c)      Dan salingmembagiduasamapanjangdenganmembentuksudutsiku-siku


















2.       Luaspersegi
contoh:
1.   
·         sisi 5 cm.
·         Sisi8 cm.
·         Sisi 9 cm.



    
3.     Kelilingpersegi
ketika pagi yongky jalan-jalan  mengelili kebun mangga untuk menghirup udara sejuk, yang berbentuk persegi .Ia mengelili dari titik pertama sampek dia kembali ketitik pertama lagi .maka dalam kasus ini KelilingPersegibisa dicari dengan apa,
keliling persegi adalah..................................................
contoh:
1.       SISI 12 CM
2.       SISI 10 CM.
3.       tentukansisinyajikakeleiling
Persegi 28 cm
 



















TES 1
Nama :
No apsen:
              TujuanPembelajaran          :
Siswadapatmenjelaskan pengertianpersegi,
Siswa dapat mengindentifikasikan ciri-ciri persegi.
Siswa dapat menghitung  luas persegi.
Siswa dapat menghitung keliling persegi :


kerjakam soal-soal dibawah ini no 1-5 dengan benar?
1.     
2.     
3.     
4.     
5.     
6.     
7.     
8.     
9.     
10. 
























KUNCI JAWABAN TES & PEDOMAN PENSEKORAN

No.
Soal
Jawaban
Skor
1.      
10
2.     
10
3.     
8
10
4.     
a)     Semuasisinyasama
b)     Diagonal-diagonalnyamembagiduasamabesarsudut-sudutnya .
c)      Dan salingmembagiduasamapanjangdenganmembentuksudutsiku-siku

10
5.     
10
6.     
10
7.     


10
8.     

10
9.     
10
10.  
10
JumlahSkor
100






1 komentar:

  1. Best Live Streaming On-Demand TV | LaSports.com - LCBET 코인카지노 코인카지노 카지노 가입 쿠폰 카지노 가입 쿠폰 betway login betway login 896Buy "오광 먹튀" Salsa - AOGA-BET Official Site

    BalasHapus